Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil - ContohSuratmu.com

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

    Pada beberapa artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai macam-macam surat perjanjian. Mulai dari Surat Perjanjian Jual Beli tanah, Surat Perjanjian Sewa Mobil, hingga Surat Perjanjian Hutang. Pada artikel kali ini masih ada satu lagi surat perjanjian yang akan kita bahas. Topik yang akan kita angkat pada artikel kali ini yaitu mengenai Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil.

    Secara garis besar Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil ini tidak jauh berbeda dengan beberapa surat perjanjian yang telah kita bahas sebelumnya. Namun sebelum masuk pada sistematika penulisan Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui syarat sahnya suatu surat perjanjian berikut ini :

  1. Penyusunan surat perjanjian harus dengan rasa ikhlas dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.
  2. Isi perjanjian harus disetujui oleh kedua belah pihak, ditandai dengan adanya tanda tangan dari kedua belah pihak dalam surat perjanjian bermaterai cukup.
  3. Pihak yang melakukan perjanjian dan saksi (bila ada) harus sudah dewasa dan dalam keadaan sadar ketika proses perjanjian berlangsung.
  4. Isi perjanjian harus detail dan jelas.
  5. Isi surat perjanjian tidak boleh bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.
Setelah mengetahui syarat sahnya sebuah surat perjanjian, berikut beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menyusun Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil :

1.    Identitas kedua pihak
Poin pertama yaitu harus tercantum identitas diri kedua belah pihak yang terlibat dalam perjanjian kerjasama ini. Identitas diri ini dapat berisi nama lengkap, tempat & tanggal lahir, alamat serta nomor identitas (dapat berupa KTP/SIM). Pastikan data diri kedua belah pihak ini valid agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya.

2.    Detail kerja sama
Poin selnjutnya adalah mengenai detail kerja sama itu sendiri. Uraikan secara jelas bentuk kerja sama dalam Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil ini.

3.    Pasal-pasal
Salah satu bagian terpenting dalam Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil ini adalah pada pagian pasal-pasal atau peraturan-peraturan perjanjian. Di bagian ini akan dijelaskan secara rinci hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh kedua belah pihak yang melakukan perjanjian. Termasuk di dalamnya mengenai hal-hal yang dapat membatalkan perjanjian dan metode penyelesaian yang digunakan ketika terjadi sengketa atau masalah dalam perjanjian.

    Seperti biasanya tidak lengkap rasanya jika hanya membahas teori tanpa mengetahui secara pasti bagaimana bentuk dari Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil ini. Oleh karena itu, berikut kami berikan Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil sebagai bahan referensi bagi para pembaca sekalian :

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :
1.    Nama                         : Paijo
Tempat, Tanggal Lahir     : Sleman, 17 Agustus 1977
Alamat                              : Jalan Kebon Agung 13, Mlati, Sleman, DIY
No. KTP/SIM                   : 33120000000000000000
Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

2.    Nama                        : Paijan
Tempat, Tanggal Lahir    : Bantul, 1 Januari 1980
Alamat                             : Jalan Mataram 1, Sleman, Yogyakarta
No. KTP/SIM                  : 331211111111111111111
Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Dengan surat ini menyatakan sepakat untuk melakukan perjanjian kerja sama dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua meminjam uang sebesar Rp. 50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Pihak Pertama untuk usaha peternakan dan pembiakan ikan lele.

Pasal 2
Pihak Kedua memberikan keuntungan dari penjualan sebesar 5% atau Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada Pihak Pertama selama 1 bulan.

Pasal 3
Apabila Pihak Kedua tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu dua bulan maka komisi akan diberikan kepada Pihak Pertama.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan disetujui bersama serta tanpa ada suatu unsur paksaan dari pihak manapun.

Yogyakarta, 18 September 2017
Pihak Pertama                                                                                                 Pihak Kedua

[materai]

Paijo                                                                                                                       Paijan

Contoh Perjanjian Bagi Hasil Penjualan

contoh perjanjian bagi hasil penjualan
contoh perjanjian bagi hasil penjualan

Contoh Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Rumah Makan

contoh perjanjian kerjasama bagi hasil rumah makan
contoh perjanjian kerjasama bagi hasil rumah makan

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Proyek

contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil proyek
contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil proyek

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Perorangan

contoh surat perjanjian kerjasama usaha perorangan
contoh surat perjanjian kerjasama usaha perorangan





Ingin Download Contoh Surat ini Dalam Bentuk Ms. Word ?

Ads