7 Contoh Notulen Rapat Terlengkap Dilengkapi Dengan Cara Membuatnya - ContohSuratmu.com

7 Contoh Notulen Rapat Terlengkap Dilengkapi Dengan Cara Membuatnya

Sebuah Organisasi yang baik tentu harus memiliki administrasi yang baik pula. Entah itu organisasi kesiswaan, kemahasiswaan ataupun organisasi Perusahaan.  Salah satu administrasi yang baik adalah dengan dicatatnya semua kegiatan organisasi seperti seminar, diskusi ataupun rapat. Pencatatan tersebut biasa disebut dengan notulen. Notulen ini memiliki nama lain yaitu berita acara rapat yang sudah kita posting sebelumnya. Fungsi dari Notulen adalah untuk meringkas dari sebuah kegiatan rapat atau acara seperti diskusi ataupun seminar dari awal acara hingga selesai.  Notulen ditulis dengan tulisan yang singkat, padat dan jelas serta sistematis sesuai dengan aturan yang ada. Disisi lain, Notulen ini dapat dijadikan sebagai dokumentasi dari aktvitas organisasi.

Notulis adalah orang yang melakukan aktivitas mencatat notulen. Notulis harus berada didalam rapat agar dapat mencatat semua kegiatan rapat dan mengambil kesimpulan dari rapat tersebut. Notulis memiliki peranan penting untuk dapat mendokumentasi rapat dengan baik dengan sebuah tulisan notulen. Notulis tidak harus dilakukan oleh seorang sekretaris, bisa jadi notulis di tulis sendiri oleh orang lain sebagai bahan laporan untuk sekretaris. Cara membuat notulen yang benar harus memperhatikan Susunan Notulen. Susunan Notulen yang baik dan benar adalah berikut ini :


  1. Kepala (Kop) Notulen yang berisi mengenai : Topik, Hari dan tanggal acara, waktu acara, tempat acara, serta Peserta acara
  2. Isi Notulen yang berisi mengenai : pembukaan, jalannya acara kesimpulan dan penutup
  3. Penutup Notulen dan dilengkapi dengan tanda tangan notulen dan Penanggung jawab Rapat. Biasanya yang ditanda tangani oleh Ketua, Sekretaris, Notulis.
Note : Dalam sebuah pengesahan notulen lebih baiknya ditulis lengkap mengenai Nama Lengkap, Jabatan serta NIP atau Nomor Induk Anggota sebuah Organisasi.

Sebagai seorang Notulis atau seseorang yang bertugas membuat notulen Rapat, Anda harus menuliskan beberapa hal yang harus dicatat seperti :

  1. Jumlah peserta
  2. Tema Masalah
  3. Waktu Diskusi
  4. Catatan Diskusi
  5. Rangkuman Akhir

Seperti biasanya, kami juga memberikan beberapa contoh notulen rapat yang baik dan benar.

Contoh Notulen Diskusi dan Seminar

contoh notulen diskusi
contoh notulen diskusi 

 

Contoh Notulen Rapat Sederhana 

contoh notulen rapat sederhana
contoh notulen rapat sederhana

Contoh Notulen Rapat Perusahaan Swasta (MOM) Minutes of Meeting atau Memo Of Meeting

 Contoh Notulen Rapat OSIS

contoh notulen rapat osis
Contoh Notulen Rapat OSIS


Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintah

Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintah
Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintah

Contoh Notulen Rapat Kantor 

contoh notulen rapat kantor
Contoh Notulen Rapat Kantor 

Contoh Notulen Rapat Dinas

Contoh Notulen Rapat Dinas
Contoh Notulen Rapat Dinas

Demikian tulisan mengenai beberapa Contoh Notulen Rapat Terlengkap yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat untuk pembaca Contohsuratmu.com, silahkan Bookmark atau Bagikan tulisan ini jika merasa teman anda membutuhkan.




Ingin Download Contoh Surat ini Dalam Bentuk Ms. Word ?

Ads